Pernah Ababil -Karya Panjang Pertama- Lembar 2

12.23

Senin = Upacara

Juni 2008 (gue lupa tanggal berapa) yg jelas itu hari senin dan itu pertamanya kalinya gue pake seragam kemeja putih lengan panjang lengkap dengan rok pendek warna putih. Yaaap itu hari pertama gue resmi jadi murid SMA (red:bukan SMA impian gue) tapi tetep negeri kok,gue juga gak ngerti kenapa ortu gue dan semua orang tua diseluruh penjuru indonesia menuntut anaknya sekolah di sekolah negeri,gak peduli itu letak sekolah jauh atau ada di ujung gang atau diujung kabupaten sekalipun, pokoknya ada embel-embel ‘sekolah negeri’ itu sudah lebih dari cukup. Gue gak tau gimana sejarahnya sekolah negeri itu jadi kandididat wajib oleh para orang tua untuk menyekolahkan anaknya, padahal gak semua sekolah negeri itu berkualitas dan gak semua sekolah swasta itu jelek, intinya dimanapun sekolahnya yang pentingkan anaknya. Kalau emang anak itu cerdas gak peduli disekolah negeri atau swasta pasti anak itu tetep cerdas kok.
Seperti senin pada umumnya, di semua sekolah di seluruh Indonesia pasti upacara. Selama 12 tahun gue sekolah, gue udah melewatkan dan mengalami ratusan kali hari senin dan tentunya gue ikut upacara. Sekalipun, gue gak pernah melewatkan hari senin tanpa upacara karena alasan-alasan licik yang dipakai cewek lainnya yaitu alesan ‘gak kuat’. Kenapa loe gak minum obat kuat aja biar kuat upacara?. Menurut analisis gue, cewek adalah makhluk yang selalu banyak alesan buat gak ikut upacara, mulai dari lagi dapet lah, lagi sakit lha, mudah pingsan lha dan blalabla. Kenapa sih males banget ikut upacara? Kita itu enak lagi tinggal upacara doang. Gak inget ya dulu, kakeknya kakek kita itu perang melawan belanda, hidupnya gak tenang, hidupnya dibawah bayang-bayang ketakutan, jadi budak belanda dan hal gak manusiawi lainnya. Itu semua mereka lakuin cuma buat kita anak cucunya generasi penerus bangsa, mereka semua Cuma berjuang demi satu kata ‘MERDEKA,. Tugas kita itu sekrang Cuma upacara dan mendoakan mereka yang gugur dimedan perang dengan cara mengheningkan cipta mulai (kata-kata ini dikutip dari para pembina upacara gue mulai SD-SMA).-daaariii yakiin kuu teguuh haaati iikhlasku peenuuh- itu sedikit bait dari lagu yang dinyanyiin paduan suara abal-abal yang tiap hari senin ganti. Cuma sekedar ngetes otak, karena waktu gue nulis ini udah 3 tahun lebih gue gak ikut di jemur dilapangan sekolah terus ngobrol sendiri sama temen dalam keadaan istirahat di tempat waktu pembina uapacara kasih wejangan (upacara). Pasti sikapa loe semua gitu kan waktu upacara dulu, satu-satunya orang yang gak bisa ngobrol ya cuman petugas upacara yang bawa teks pancasila dan berdiri di belakang pembina upacara. Sumpah...menururt gue siswa itu gak layak di sebut sebagai petugas upacara dan pake slempang bertuliskan PETUGAS UPACARA (terlalu keren) hari sabtu kita para petugas upacara pasti ngumpul buat latihan sampai di belai-belain pulang sore, ada yang latihan nyanyi, latihan membaca doa, membaca undang-undang, latihan nge-MC, latihan mengibrakan bendera. Satu-satunya yang gak ikut latihan yang orang itu tadi,yang bawa teks pancasila yang nguntit dibelakang pembina upacara. Orang itu lebih pantes di sebut kacung upacara. Karena mereka Cuma numpang lewat di depan semua barisan murid sambil bawa teks pancasila terus ngekor sama pembina upacara, hinna banget kan?!mereka itu sama aja kayak artis yang mau terkenal tapi bikin foto syur atau foto pura-pura nikah dulu sama artis yang udah terkenal duluan terus akhirnya masuk infotaiment dan akhirnya terkenal deh. Jadi intinya mereka dikenal bukan karena karya, tapi karena skandal, iieeyuuhh banget kan?!-abaikan-
Balik ke hari pertama gue masuk SMA,tepatnya dikelas X-G kelas dipojok an dan tepat disebelahnya ada kompleks kuburan umum. Tepatnya antara gue dan tempat keabadian itu hanya bersekat tembok ber-cat putih yang berdiri tidak terlalu kokoh dan tidak terlalu tinggi. Hari itu adalah hari serba pertama dan serba baru buat gue, satu-satunya yang bukan baru adalah teman sebangku gue namanya devi. Devi adalah teman SMP gue dan ternyata setelah ceria-cerita dulu kita berada di sekolah TK yg sama, TK kenanga namanya. Tapi sayangnya memori gue sewaktu masa TK rada terhapus jadi kenangan gue di TK sama devi hilang begitu saja. Balik ke kelas X-G yang ada dipojokan dan dekat tempat keabadian yang berukuran 2x1m, gue inget banget formasi bangku satu deret saat itu, gue ada dibelah kanan deret kedua dari depan. Pelajaran pertama hari itu adalah bahasa Jerman eengg..eengg..iingg...eengg...bahasa Jerman ternyata jurusan yang gue ambil waktu kuliah saat ini,entah kenapa semesta begitu kompak mempertemukan gue sama bahasa Jerman lagi.
Jam pelajaran kedua kalau tidak salah (berarti bener) adalah fisika dan guru dari pelajaran fisika itu adalah ibu rayahu dan kebetulan juga itu ibu dari temen gue yang namanya Ely Cintana dan kebetulan Ely Cintana saat itu temen sekelas gue naah lho..dan kebetulan juga gue punya guru matematika yang namanya Pak Dwi dan itu juga bapaknya Ely Cintana. Jadi intinya ada keluarga kecil yang terbentuk di SMA gue saat itu,singkat cerita bapak ibunya Ely Cintana emang udah dari dulu jadi guru di SMA yang sama dan tahun ini Ely Cintana juga jadi murid di SMA yang sama (juga). Kembali kepelajaran fisika, gue pikir fisika itu pelajaran yang sama kayak cinta, iyaa mereka sama-sama sulit dimengerti. Tapi setelah bertemu dengan ibu rahayau ekspetasi gue tentang fisika yang sama kayak cinta itu ternyata salah total,bu rahayu mengubah ekspetasi gue jadi gini,fisika itu sama seperti sahabat yang mudah sekali untuk mengerti. Sampe segede gambreng ginipun gue masih hafal lho tabel sistem periodik .
Hari itu berlalu begitu saja dengan memori yang nyala redup di ingatan gue dan berusaha gue pipilin satu persatu menjadi sebuah kesatuan cerita sebagai opening entah cerpen atau novel (yang jelas bukan teenlit) dan entah gue baca sendiri atau entah nanti ada penerbit yang khilaf yang mau menyebarluaskan karya gue.

You Might Also Like

0 komentar