Pernah Ababil -Karya Panjang Pertama- Lembar 10

13.00

Misteri di pulau Bali
Bab ini gue akan bercerita saat gue liburani vs faiz dan fikri vs fahmi , indah vs sahab dan gue sama mansyur. Bahkan fahmi yang kebetulan ada di bis yang berbeda sama fikri sampai bela-belain buat ada di bis kita,oh..so sweat. Yaaak ... fahmi emang black sweat. Perjalanan menuju bali masih normal seperti biasanya dan gue juga masih sibuk foto sama deny, norita, dewi, ddevi dan semua cewek dari kelas gue. Gue emang menikmati waktu kebersamaan dengan para cewek yang rumpik dan annoying sampai gue lupa kalau cowok gue juga ikut dalam perjalanan itu.
Sesampainya di bali ada satu hal yang ganjil, hampir gak pernah yang namanya si mansur nyamperin gue. Dia seperti menguap lalu hilang tak ada. Sampai pada suatu moment si fer mengembalikan jaketnya si manyur sambil berkata,
“nih..dari si mawar”...
Gue sempet sejenak terpaku dan rasanya dunia ini berhenti berputar sejenak seper sekian detik. Saat itu mansyur tau kalau gue hadir dan mendengarkan moment paling jan(tttiiiitt) itu. (mesoh e di sensor cek koyok video bayu skak). Yang mansyur lakukan saat itu ya memberi penjelasan sama gue, sayanagnya gue udah masa bodo sama penjelasan si manyur. Tapi fakta demi fakta seakaan mendukung skandal perselinkuhan mansyur sama mawar. Dan belakangan gue tahu dari teman- teman dekat si mansyur kalau waktu di bali itu, mansyur emang deket-deketan sama mawar lagi. Intinya waktu di bali itu gue badmood banget. Walaupun dalam perjalanan pulang mansyur masih baik-baikin gue dan duduk sebangku sama gue. Tapi dalam perjalanan panjang dari bali menuju malang gue habisin buat bengong dan berfiikir apa sebenarnya yang menimpa gue. Sedangkan si tersangka utama tidur dengan lelap tanpa beban apapun, yah memang begitulah umumnya wajah tersangka di Indonesia gak mau tahu dan gak mau peduli.
Setelah sampai di malang gue rujuk lagi sama si manyur kita masih sempet ngrayain kelulusan kita bareng, corat-coret baju kita masing-masing, dan ikut berkeliling sma temen-temen yang lain buat nunjukin ke seluruh kota kalau kita udah lulus SMA. Iya..emang se dangkal itu pemikiran anak SMA, mereka baru lulus aja seneng, apa gak nyadar kalau mereka baru aja menambah angka pengganguran di Indonesia. penggaguran itu adalah beban negara, intinya mereka bangga kalau mereka baru aja membebani negara. Tanpa mereka tahu beban orang tua mereka yang cari dana buat kita masuk unversitas. Udah jadi beban negara, jadi beban orang tua pula,hhuufft... memang itulah gambaran buruk generasi muda Indonesia.
Setelah lulus gue inget satu cerita dari viktor yang ngebet banget pingin kuliah jurusan PGSD di universitas negeri malang. Setiap tahap masuk UM dia ikutin, mulai dari mandiri 1, snmptn lalu mandiri 2 eh dia tetep gak masuk. Naas emang nasib temen gue yang satu ini. Pertanyaan gue yang juga bellum sempet gue tanyain ke viktor adalah,
“emang se nge fans itu ya elo sama UM?”
Apa karena orang tuanya viktor yang ngebet banget sama UM? Tuh kan...semua orang tua di Indonesia masih berorientasi kalau yang terbaik adalah ‘yang negeri’. Tanpa mereka sadar, mereka itu udah di kuasai obsesi dan stigma yang terbaik adalah ‘yang negeri’. Walaupun gue sendiri gak pernah sekolah di sekolah swasta kecuali pas TK, tapi gue yakin kok sekolah swasta gak semuanya punya image jelek. Emang salahnya sekolah swasta itu apa sih sama kita? Kok sampai segitu antinya kita sama sekolah swasta.
Buat viktor dan mahasiswa yang berusaha masuk universitas negeri lainnya, jangan pedulikan elo ada dimana tapi yang lebih penting adalah, elo uda melakukan apa. Gak peduli kita kuliah di universitas negeri taupun swasta yang penting adalah, kita udah melakukan yang terbaik. Banyak kok oarang diluar sana yang pengen banget kuliah, tapi dengan berbagai alasan mereka harus merelakan keeinginannya buat kuliah. Buat kalian yang sekarang beruntung bisa kuliah, lakukan yang terbaik. Itu saja.
By the way...kalau nggomongin tentang kuliah, gue jadi inget pertama kali gue daftar SNMPTN. Entah apa yang menggarahkan tanggan gue buat memilih bahasa Jerman sebagai pilihan utama. Jurusan yang bisa dibilang ‘bukan dunia gue’.awalnya gue pikir gue salah jurusan, tapi setelah berjalan selangkah demi selangkah sepertinya gue berjalan di jalan yang gak gue inginkan tapi Tuhan menginginkan gue buat tetap stay di jalan itu. Iya..gue percaya Tuhan punya rencana lain buat gue, walaupun dengan susah payah gue berjalan di jalan ini.
Megutip quotes dari ilmuwan jerman Albert Einstein yang kurang lebih artinya seperti ini,
Saya memang berjalan dengan lambat tapi saya tidak pernah berjalan mundur kebelakang.
Memang Cuma orang bodoh yang memilih berjalan lagi dari awal di saat dia udah ada di setengah perjalanan. an sama temen-temen SMA gue yang lagi liburan di bali. Awalnya gue exited banget karena gue bakal prgi sama semua orang yang gue sayangi tapi sayangnya liburan ini harus di rusak sama si mansyur (lagi). Hari itu kita dalam satu bis yang sama tapi dalam keadaan tempat duduk yang berbeda. Gue lebih milih duduk sama deny dan norita sedangkan dia duduk di depan entah sama siapa. Berbeda dengan pasangan yang lain yang menyebut mereka LASOSTWO IN LOVE. Iya di kelas gue ada 5 pasangan yang jadian di tahun yang sama antara lain sestiv vs farih, r

You Might Also Like

0 komentar